FoMOPhobia, Sindrome Baru Anak Sosialita.

label


Pengguna gadget kini lebih cenderung menjadi anak sosialita. Sosialita menurut Robert L. adalah seseorang yang berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan menghabiskan sebagian banyak waktunya untuk menghibur sekaligus mendapatkan hiburan. 

Menurut penelitian yang dilakukan We Are Social, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial.

Tidak memandang usia, tren yang sedang berkembang di sosial media menjadi tolak ukur style fashion masyarakat. Selain itu, Media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter tak dapat dilepaskan dari kehidupan orang-orang masa kini. Apalagi keduanya dianggap sebagai sarana untuk mengetahui tren yang ada atau update kabar dari teman. 

Menjadi sosialita pasti merasakan yang namanya 'Fear of Missing Out' atau bisa disebut dengan FoMOPhobia. Apa sih FomO itu?




"FoMO terjadi ketika kita mengabaikan pengalaman kita rasakan sendiri karena terlanjur terobsesi pada pengalaman orang lain yang tidak kita alami," terang psikolog Arnie Kozak, Ph.D., penulis buku Wild Chickens and Petty Tyrants: 108 Metaphors for Mindfulness.

FoMOPhobians akan mengalami hal seperti,
1.   NoMOPhobia.
2.   Gelisah dan cemas ketika belum mengecek akun media sosial.
3.   Lebih aktif berkomunikasi di dunia maya daripada di dunia nyata.
4.   Terobsesi dengan status dan postingan orang lain.
5.   Eksis tidak mengenal waktu dan tempat.
6.   Selalu ingin merasa hebat dari orang lain.
7.   Tidak pernah puas dengan like dan komentar dari orang lain.

Buat teman-teman yang merasa FoMO, bisa mencoba tips berikut ini:

Management waktu dengan baik. Batasi waktu online sesuai kebutuhan. Sibukkan diri di dunia nyata.

Nonaktifkan notifikasi. Ini sangat membantu sekali untuk meminimalisir rasa ingin tahu. Terutama pada WhatsApp Grup, Line, atau Channel Telegram.

atau Uninstall Aplikasi Sosial Media. Kembali ke jaman kuno, memanfaatkan telepon dan SMS untuk berkomunikasi. Sekedar mengetahui berita, bisa buka browser bawaan. Sanggup?

Intinya, Bersosialisasilah dengan orang-orang yang ada disekitarmu. Jadikan hidupmu berkualitas dengan hal-hal yang berguna di dunia nyata!
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon